Mengenal Jenis Burung Terbang Paling Tinggi

Burung terbang adalah salah satu spesies yang memiliki banyak evolusi sampai sekarang. Selain jenis yang bisa terbang ada juga jenis yang tidak bisa terbang, dimana mereka hanya hidup di daratan ataupun perairan. Sementara itu kalau burung dengan kemampuan terbang sendiri ada banyak sekali jenisnya. Bahkan ada yang bisa terbang sampai ketinggian yang luar biasa. Lalu apa saja jenis burung yang bisa terbang sangat tinggi?

Pertama ada burung terbang kondor andes. Burung yang satu akan banyak kita tamukan di negara-negara Amerika Selatan. Misalnya saja Chile, Kolombia, Bolivia sampai Ekuador. Burung ini sendiri bisa tumbuh sampai ukuran 3.2 m, dengan panjang 1.2 m dan berat mencapai 15 kg. Burung ini juga dikenal dengan kemampian terbangnya yang bisa mencapai ketinggian lebih dari 4500 m.

Selanjutnya ada bangau putih. Untuk jenis burung satu ini sendiri bisa tumbuh sampai ukuran 1 meter,. Ciri fisiknya juga sangat khas karena dilengkapin dengan leher panjang. Umumnya kita bisa ditemukan di banyak wilayah Eropa, Asia Barat sampai Asia Tengah. Bangau ini memiliki sayap yang bisa mencapai panjang 2.3 m. Maka dari itu tidak heran kalau bisa terbang bahkan mencapai 4800 m.

Selanjutnya ada biru laut ekor blorok. Kalau jenis burung ini banyak berkembang di kutub utara, siberia dan Skandinavia. Memang kalau di musim dingin akan banyak ditemukan di Australia dan Selandia baru. Tentu saja mereka memang akan menhindari suhu ekstrem yang terlalu dingin di kutub utara saat musim dingin, Burung ini bisa terbang sampai ketinggian 11.600 m saat bermingrasi.

Burung terbang selanjutnya adalah bebek Mallard. Jenis bebek yang satu ini akan banyak ditemukan di wilayah Amerika Utara dan Eropa. Bebek ini dibilang nenek moyang segala jenis bebek domestik. Cirinya sangat khas karena punya kepala hijau, paruh kuning. Nantinya ebelum musim dingin akan migrasi ke wilayah selatan yang hangat, umumnya akan terbang di ketinggian 300-1000 m bahkan 6400 m.

Selanjutnya ada burung hering berjenggot. Burung ini termasuk yang besar dan menjadi pemakan bangkai. Umumnya banyak kita temukan di pegunungan Eropa Selatan. Burung ini sendiri bisa tumbuh sampai ukuran 1 m dengan berat 7 kg. Sayapnya 2.7 m. Ada juga burung cough dari Eropa Selatan dan Asia Tengah. Dia sering membangun sarang di Cough alpen dengan ketinggian 6500 m sampai 8000 m.


Ada juga angsa whooper. Angsa ini umumnya akan banyak hidup di danau atau kolam di Eurasia Selatan. Ciri fisiknya dilengkapi dengan leher panjang dengan paruh hitam kuning. Nantinya saat musim dingin, migrasi ke Jerman, Inggris atau Denmark atau daerah lain yang lebih bangat. Nantinya sangat khas karena terbang dengan formasi V. Dia juga akan terbang mulai dari 2500 m dan maksimal 8500 m.

Burung terbang selanjutnya yaitu angsa berkepala garis yang bisa terbang sampai 8850 m. Burung asal Asia Tengah ini cocok hidup di Himalaya karena mampu menghadapi tekanan udara rendah.

Burung jenjang biasa umum melintasi Himalaya, hidup di Eropa dan Asia. Ukurannya mencapai 2.4 m, bermigrasi jauh saat musim dingin, ke Afrika Utara, dengan ketinggian 10.000 m.

Terakhir ada burung vultur ruppel, untuk burung satu ini memiliki kemampuan terbang paling tingginya bisa mencapai 11.200 m. Di ketinggian ini ia mampu bertahan dengan sangat baik. Itulah bahasan mengenai burung terbang dengan ketinggian tertinggi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *